SILABUS MATA PELAJARAN
SEKOLAH MENENGAH
ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)
MATA PELAJARAN
BIOLOGI
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN,
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOLOGI
Kelas : X (Sepuluh)
Alokasi waktu : 3 JP/Minggu
Kompetensi Sikap Spiritual
dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan
Kompetensi Keterampilan melalui
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan
karakteristik, mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
dignakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Pembelajaran untuk kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan
metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang
permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
Ruang
Lingkup Biologi
· Permasalahan
Biologi pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
· Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
· Manfaat
mempelajari Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
· Metode
Ilmiah
· Keselamatan
Kerja
|
· Mengamati dan melakukan penelitian dengan
menerapkan aspek-aspek keselamatan kerja dalam laboratorium Biologi terkait fenomena kehidupan masa kini
yang berkaitan dengan Biologi
dalam berbagai bidang dan tingkat organisasi kehidupan dengan cara metode
ilmiah
· Membuat laporan hasil-hasil
pengamatan, hasil penelitian, kerja ilmiah tentang
fenomena kehidupan masa kini dan
tingkat organisasi kehidupan untuk
pengembangan karir dalam Biologi, kerja ilmiah dan keselamatan kerja untuk
membentuk/ memperbaiki pemahaman
tentang ruang lingkup Biologi
serta mempresentasikannya
|
3.2 Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di
Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan
pelestariannya
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya
|
Keanekaragaman
Hayati
· Konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
· Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna,
serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber
· Keunikan
hutan hujan tropis Indonesia
· Pemanfaatan
keanekaragaman hayati Indonesia
· Upaya
pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
·
Mengamati
dan mengelompokkan berbagai tingkat keanekaragaman hayati Indonesia dengan
contoh-contohnya dari berbagai ekosistem serta mendiskusikan pemanfaatannya
dalam era ekonomi kreatif
·
Menyimpulkan
keunikan hutan hujan tropis Indonesia dari berbagai sumber dan mendiskusikan
upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia
|
3.3 Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
dalam lima kingdom
4.3 Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip
klasifikasi makhluk hidup
|
Klasifikasi
Makhluk Hidup
· Prinsip
klasifikasi makhluk hidup
· Dasar
klasifikasi makhluk hidup
· Kunci
determinasi sederhana
· Kladogram
(pohon filogeni)
·
Sistem klasifikasi makhluk hidup:
takson, binomial nomenklatur
|
·
Mengamati,
menentukan dasar pengelompokkan dan melakukan pengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri makhluk hidup yang ditemukan
·
Membuat
kunci determinasi sederhana, kladogram, menentukan tingkat takson makhluk
hidup dalam kerja kelompok.
·
Mendiskusikan
hasil kerja kelompok dan mempresentasikan
|
3.4 Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam
kehidupan
4.4 Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan
terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya
|
Virus
· Ciri-ciri
virus: struktur dan reproduksi
· Pengelompokan
virus
· Peran
virus dalam kehidupan
· Partisipasi
remaja dalam mencegah penyebaran
virus HIV dan lainnya
|
·
Mengkaji berbagai kasus penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti influenza, AIDS, flu burung melalui
berbagai media informasi
·
Mendiskusikan,
menjelaskan dan mengaitkan proses perkembangbiakan, cara pencegahan,
penyebaran virus serta dampak sosial-ekonomi bagi kehidupan manusia dan
mempresentasikannya
·
Membuat
dan menyajikan model virus
|
3.5 Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan
peran bakteri dalam kehidupan
4.5 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri
dalam kehidupan
|
Kingdom
Monera
· Karakteristik
dan perkembangbiakan bakteri
· Dasar
pengelompokan bakteri
· Menginokulasi
bakteri/pour plate/streak plate
· Pengecatan
gram
· Peran
bakteri dalam kehidupan
|
·
Mengamati
gambar bakteri dari foto mikrograph dan membandingkan struktur dinding sel
sebagai dasar pengelompokkan
·
Mengkaji
berbagai kasus penyakit akibat bakteri dari berbagai sumber dan
mendiskusikannya dalam kelompok
·
Melakukan
isolasi dan pengamatan koloni bakteri, menerapkan keselamatan kerja dalam
pengamatan
·
mendiskusikan
peranan bakteri dalam kehidupan sehari-hari dan mempresentasikannya
|
3.6 Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum
kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.6 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang berbagai
peran protista dalam kehidupan
|
Kingdom Protista
· Ciri-ciri
umum protista dan penggolongannya
· Ciri-ciri
umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold.
· Ciri-ciri
umum Protista mirip tumbuhan (Alga)
· Ciri-ciri
umum protista mirip hewan (protozoa)
· Peranan
protista dalam kehidupan
|
·
Mengamati
foto/gambar berbagai keanekaragaman protista dan preparat
·
Melakukan
percobaan membuat kultur Paramecium dari rendaman air jerami dan melakukan pengamatan
mikroskopis protista dari air kolam, air rendaman jerami, dll
·
Mendiskusikan,
membanding- kan dan menganalisis perbedaan protista mirip jamur, protista mirip alga, dan protista mirip
hewan dengan gambar/foto protista dalam kelompok serta peranan protista
|
3.7 Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri, cara
reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.7 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang
keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan
|
Fungi/Jamur
· Ciri-ciri
kelompok jamur : morfologi, cara
memperoleh nutrisi, reproduksi
· Pengelompokan
jamur
· Peran
jamur dalam bidang ekologi, ekonomi, kesehatan, dan pengembangan iptek
|
·
Mengamati
dan membandingkan berbagai jenis jamur secara morfologi makroskopik di
lingkungan serta mengkaji budidayanya dari berbagai media informasi
·
Membedakan
ciri morfologi berbagai jenis jamur
makroskopis - mikroskopis dan mengaitkan dengan dasar
pengelompokkannya
·
Melakukan
percobaan fermentasi makanan dengan jamur (ragi), mendiskusikan, menyimpulkan
mempresentasikan tentang karakteristik jamur dan mengaitkan peran jamur
secara ekologis dengan kelangsungan hidup di bumi
|
3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan
ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan
4.8 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis
fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan
|
Plantae
· Ciri-ciri
umum plantae: tumbuhan lumut, tumbuhan paku, tumbuhan biji
· Peran
tumbuhan dalam ekosistem
· Peran
tumbuhan di bidang ekonomi
· Dampak
berkurangnya keanekaragaman tumbuhan bagi ekosistem
|
·
Mengamati,
membandingkan morfologi struktur alat reproduksi serta cara reproduksi
berbagai jenis tumbuhan di lingkungan sekitar dan mengelompokkannya serta
jenis tumbuhan di hutan hujan tropis melalui berbagai sumber
·
mendiskusikan
peran Plantae pada berbagai bidang (industri, kesehatan, pangan)
·
Menganalisis
dampak alih fungsi hutan di Indonesia terhadap keanekaragaman hayati dan
ekosistem dan menyimpulkan hubungan keanekaragaman tumbuhan dengan nilai ekonominya
·
Menyajikan
laporan pengamatan secara tertulis dan membuat tulisan tentang peran tumbuhan
dalam menjaga keseimbangan alam,
misalnya siklus air, erosi, penyerapan karbon dioksida dan penghasilan
oksigen bumi
|
3.9 Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan
tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
4.9 Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan
penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga
tubuh, dan reproduksinya
|
Animalia
· Ciri-ciri
umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)
· Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka
tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)
· Klasifikasi
animalia
· Peran hewan bagi
kehidupan
|
·
Mengamati
ciri-ciri umum hewan invertebrata (terumbu karang) dan vertebrata melalui gambar/video
·
Mengelompokkan
jenis-jenis hewan berdasarkan persamaan yang dipunyai dan mendokumentasikan
hasil pengamatan dalam bentuk foto/gambar
·
Menganalisis
peran hewan dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu
pengetahuan di masa datang serta mempresentasikannya dalam berbagai media
|
3.10 Menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi
antar komponen tersebut
4.10 Menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar
komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus Biogeokimia)
|
Ekologi
· Komponen
ekosistem
· Aliran
energi
· Daur
biogeokimia
· Interaksi dalam
ekosistem
|
·
Mengamati
komponen ekosistem dan interaksinya di
lingkungan sekitar, terbentuknya hujan dari proses penguapan melalui video
atau media informasi lain, diagram
daur biogeokimia serta melakukan pengamatan
·
Menganalisis
dan mempresentasikan tentang keterkaitkan interaksi antarkomponen ekosistem,
daur biogeokimia, upaya yang dapat
dilakukan berkaitan dengan pemulihan ketidakseimbangan
lingkungan berdasarkan
bagan/carta/video
|
3.11 Menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab, dan
dampaknya bagi kehidupan
4.11 Merumuskan gagasan pemecahan masalah perubahan
lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar
|
Perubahan Lingkungan
· Kerusakan
lingkungan/pencemaran lingkungan.
· Pelestarian
lingkungan
· Adapatasi
dan mitigasi
Limbah dan Daur Ulang
· Jenis-jenis
limbah.
· Proses
daur ulang
· 3 R (reuse, reduse, recycle)
|
·
Membaca,
mengamati, membahas dan menganalisis berbagai
laporan media/kasus lingkungan hidup/lingkungan sekitar mengenai
kerusakan lingkungan dan produk daur ulang
·
Melakukan
percobaan polusi air/udara atau membuat produk daur ulang
·
Membahas hasil percobaan dan penyebab, cara
mencegah, cara menanggulangi pemanasan
global, penipisan lapisan ozon, efek rumah kaca, kegiatan aktivitas manusia,
menyimpulkan dan mempresentasikan dengan berbagai media
·
Membuat
kampanye tentang dampak perubahan iklim,
usaha-usaha yang bisa dilakukan serta menyajikan hasil produk daur
ulang
|
terimakasih,, izin save dan copas..
BalasHapusterimaksaih,,ijin copas
BalasHapus