RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMAN 21 Surabaya
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Materi
Pokok : Ruang
Lingkup Biologi
Alokasi
Waktu : 2 Minggu x 3
Jam Pelajaran @45 Menit
A.
Kompetensi Inti
·
KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI 3:Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·
KI4:Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi (permasalahan pada
berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), melalui penerapan
metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja
|
3.1.1 Menjelaskan
karakteristik umum sains.
3.1.2 Menjelaskan
kegiatan yang berkaitan dengan ilmu
Biologi.
3.1.3 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi.
3.1.4 Menunjukkan
kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
3.1.5 Menjelaskan
pentingnya IPTEK dalam perkembangan
Biologi
3.1.6 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
3.1.7 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
3.1.8 Memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
3.1.9 Mengidentifikasi
urutan sistematika metoda ilmiah.
3.1.10 Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang
ditunjukkan seorang ahli biologi.
3.1.11 Memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
3.1.12 Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
3.1.13 Menjelaskan
karakteristik umum sains.
3.1.14 Menjelaskan
kegiatan yang berkaitan dengan ilmu
Biologi.
3.1.15 Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi.
3.1.16 Menunjukkan
kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
3.1.17 Menjelaskan
pentingnya IPTEK dalam perkembangan
Biologi
3.1.18 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu.
3.1.19 Memberikan
contoh objek biologi pada tingkat individu sampai bioma
3.1.20 Memberikan
contoh masalah biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan
3.1.21 Mengidentifikasi
urutan sistematika metoda ilmiah.
3.1.22 Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang
ditunjukkan seorang ahli biologi.
3.1.23 Memberikan
contoh pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah
3.1.24 Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
|
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah tentang
permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan
|
4.1.1 Menjelaskan
data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat organisasi kehidupan
4.1.2 Mempresentasikan
berbagai cabang biologi
4.1.3 Mempresentasikan
tentang Metoda ilmiah
4.1.4 Mempresentasikan
tentang prinsip keselamatan kerja
4.1.5 Membuat
laporan hasil pengamatan lapangan dan hasil diskusi tentang ruang lingkup
Biologi.
4.1.6 Memberikan
contoh manfaat mempelajari Biologi.
4.1.7 Memberikan
contoh dampak negatif yang mungkin timbul akibat berkembangnya ilmu Biologi.
4.1.8 Mengusulkan
alternatif pemecahan masalah biologi yang ditemukan dengan rencana penelitian sederhana yang dapat dilakukan.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
1.
Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.
Menjelaskan kegiatan yang berkaitan
dengan ilmu Biologi.
3.
Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.
Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan
Biologi dengan ilmu yang lain.
5.
Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam
perkembangan Biologi
6.
Memberikan contoh objek biologi pada tingkat
molekul sampai sistem organ individu.
7.
Memberikan contoh objek biologi pada
tingkat individu sampai bioma
8.
Memberikan contoh masalah biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan
9.
Mengidentifikasi urutan sistematika metoda
ilmiah.
10.
Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan
seorang ahli biologi.
11.
Memberikan contoh pemecahan masalah
biologi dengan metoda ilmiah
12.
Menjelaskan manfaat hasil pemecahan
masalah dengan metoda ilmiah.
13.
Menjelaskan karakteristik umum sains.
14.
Menjelaskan kegiatan yang berkaitan
dengan ilmu Biologi.
15.
Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
16.
Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan
Biologi dengan ilmu yang lain.
17.
Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam
perkembangan Biologi
18.
Memberikan contoh objek biologi pada
tingkat molekul sampai sistem organ individu.
19.
Memberikan contoh objek biologi pada
tingkat individu sampai bioma
20.
Memberikan contoh masalah biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan
21.
Mengidentifikasi urutan sistematika metoda
ilmiah.
22.
Menjelaskan bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan
seorang ahli biologi.
23.
Memberikan contoh pemecahan masalah
biologi dengan metoda ilmiah
24.
Menjelaskan manfaat hasil pemecahan
masalah dengan metoda ilmiah.
D.
Materi
Pembelajaran
Ruang Lingkup
Biologi
Fakta
• Permasalahan Biologi pada berbagai objek
Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
Konsep
• Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dan
kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
Prinsip
• Manfaat mempelajari Biologi bagi diri
sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
Prosedur
• Metode Ilmiah
• Keselamatan Kerja
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi dan
Eksperimen
Model : Discovery
Learning
F.
MediaPembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium biologi dan sarananya (peralatan yang akan dipakai
selama satu tahun ajaran)
Ø Daftar peralatan di lab biologi
Ø Lembar tata tertib keselamatan kerja laboratorium biologi
Ø Lembar kesepakatan yang ditandatangani bersama oleh setiap siswa
aspek keselamatan kerja
Ø Contoh laporan tertulis
Ø Bahan Presentasi
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)
G.
Sumber Belajar :
·
Buku
Biologi Kls X Kemdikbud
·
Buku lain
yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan
Ke-1 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :
Ø Materi Pelajaran IPA Kelas
IX
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Permasalahan Biologi
pada berbagai objek Biologi,
dan tingkat organisasi kehidupan
Ø Cabang-cabang ilmu
dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama pembelajaran Permasalahan
Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannyaberlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dengan kaitannyayang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Permasalahan
Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
v Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dengan kaitannya.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang
ilmu dalam Biologi dengan kaitannyakepada kelompok yang memiliki kinerja
dan kerjasama yang baik.
|
2. Pertemuan
Ke-2 (3 x 45 Menit)
|
||||||||||||||
Kegiatan
Pendahuluan (15 Menit)
|
||||||||||||||
Guru
:
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, yaitu :
Ø Permasalahan Biologi
pada berbagai objek Biologi, dan tingkat organisasi kehidupan
Ø Cabang-cabang ilmu
dalam Biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan
pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran
yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema// projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini
dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang
materi :
Ø Manfaat mempelajari
Biologi bagi diri sendiri dan lingkungan, serta masa depan peradaban bangsa
Ø Metode Ilmiah
Ø Keselamatan Kerja
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian
Acuan
v Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar,
indikator, dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
|
||||||||||||||
Kegiatan
Inti (105 Menit)
|
||||||||||||||
|
||||||||||||||
Catatan
:
Selama pembelajaran Manfaat
mempelajari Biologi, Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja berlangsung,
guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan
|
||||||||||||||
Kegiatan
Penutup (15 Menit)
|
||||||||||||||
Peserta
didik :
v Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point
penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi Manfaat mempelajari Biologi, Metode Ilmiah
dan Keselamatan Kerja yang baru dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Manfaat mempelajari Biologi, Metode Ilmiah
dan Keselamatan Kerja yang baru diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru
:
v Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa
untuk materi pelajaran Manfaat
mempelajari Biologi, Metode Ilmiah dan Keselamatan Kerja.
v Peserta didik yang
selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Manfaat mempelajari Biologi, Metode Ilmiah
dan Keselamatan Kerja.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Manfaat mempelajari Biologi, Metode Ilmiah
dan Keselamatan Kerja kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
|
I.
Penilaian Pembelajaran dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian (terlampir):
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik
sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum.
Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian
sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
…
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
…
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai
dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah
sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor
dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat
Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup
(C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat
diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik,
maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya
sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya
menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan
kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan
digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format
penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan
kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi
kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100
dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah
pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor
dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat
Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup
(C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga
digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya
sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud
dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format
penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat :
...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100
dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang
negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah
pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor
dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat
Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup
(C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b.
Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda(Lihat
lampiran)
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek
Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan(Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta
didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta
didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan
tugas rumah dengan baik
c. Peserta
didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk
mendapatkan penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen
penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara
mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor
maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan
materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan
menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan
mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan
menyelesaikan masalah
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek(Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk(Lihat
Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan,
PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2.
Instrumen Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Peserta
didik yang belum menguasai materi (belum mencapai ketuntasan belajar) akan dijelaskan kembali oleh guru
materi “Ruang Lingkup Biologi”. Guru
melakukan penilaian kembali dengan soal yang sejenis atau memberikan tugas
individu terkait dengan topik yang telah dibahas. Remedial dilaksanakan pada
waktu dan hari tertentu yang disesuaikan, contoh: pada saat jam belajar,
apabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah jam
pelajaran selesai).
CONTOH PROGRAM
REMIDI
Sekolah :
........................
Kelas/Semester : ........................
Mat
Pelajaran :
........................
Ulangan
Harian Ke :
........................
Tanggal
Ulangan Harian :
........................
Bentuk
Ulangan Harian :
........................
Materi
Ulangan Harian :
........................
(KD/Indikator : ........................
KKM :
........................
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator
yang Belum Dikuasai
|
Bentuk
Tindakan Remedial
|
Nilai
Setelah Remedial
|
Ket.
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
dst,
|
b. Pengayaan
Dalam
kegiatan pembelajaran, peserta didik yang sudah menguasai materi sebelum waktu yang telah ditentukan, diminta
untuk soal-soal pengayaan berupa pertanyaan-pertanyaan yang lebih fenomenal dan
inovatif atau aktivitas lain yang relevan dengan topik pembelajaran “Ruang Lingkup Biologi”. Dalam kegiatan
ini, guru dapat mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang
berhasil dalam pengayaan.
……….............……..,...
Juli 20...
Mengetahui
Kepala Sekolah …………. Guru
Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar